Menurut Schnaars (1998) sebagaimana dikutip Tjiptono (2000:107),
ada empat macam kemungkinan hubungan antara kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Hubungan antara loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan seperti terlihat
pada gambar 1.
Kepuasan pelanggan harus disertai loyalitas pelanggan. Pelanggan
yang benar-benar loyal bukan saja sangat potensial menjadi wodr-of-mouth advertisers,
namun juga kemungkinan besar loyal pada portofolio produk dan jasa perusahaan
untuk jangka waktu yang lama.
Loyalitas menurut Supriyanto&Ernawaty (2010:288) dipengaruhi
pula oleh ada tidaknya pilihan dalam membeli. Mereka tetap membeli karena tidak
ada pilihan lain. Hubungan antara pembelian dan pilihan seperti terlihat pada
gambar 2.
Loyal merupakan fungsi dari:
1.
Pola
pembelian (P1)
2.
Proporsi
pembelian (P2)
3.
Lama
hubungan (H)
4.
Merekomendasikan
(word of mouth) (R)
5.
Hubungan
emosional (bangga) (B)
L = f (P1, P2, H, R, B)
Beberapa alasan menurut Suprianto&Ernawaty (2010:287)
berdasarkan hasil penelitian, yang menyebabkan pelanggan tidak loyal:
1.
3%
karena pindah ke tempat lain (customer loss rate) karena pelayanan lain
lebih murah atau produk/jasa/teknologi lebih superior.
2.
5%
karena menemukan pelayanan lain.
3.
9%
karena bujukan pesaing.
4.
14%
karena tidak puas.
5.
68%
karena sikap masa bodoh rumah sakit saat memberikan pelayanan dan pasca
pelayanan atau kunjungan.
Strategi pengelolaan loyalitas untuk menciptakan loyalitas dapat
dilakukan melalui strategi “switching barriers” dan penanganan keluhan (voice),
kemudian penciptaan nilai tambah
(Supriyanto&Ernawaty,2010:193). Switching barriers merupakan
upaya rumah sakit rintangan pengalihan ke tempat layanan lain sehingga pasien
enggan rugi karena perlu pengeluaran biaya lebih besar apabila pindah. Pengeluaran biaya tambahan adalah pengeluaran
biaya untuk mencari pelayanan yang lain, seperti biaya transportasi atau
hilangnya discount (insentif saat masih menjadi anggota), dan memulai
hubungan baru. Strategi switching barriers cocok untuk tipe konsumen
yang sering berpindah-pindah merek atau switcher. Voice adalah
upaya rumah sakit menciptakan hubungan jangak pendek dengan pasien, menjalin
hubungan kemitraan, dan menangani keluhan selama proses maupun purna beli, oleh
karena itu kemampuan komunikasi setiap insan rumah sakit harus ditingkatkan.
Ide dasar penciptaan nilai tambah ialah menambah hal-hal yang masih bisa
ditingkatkan dan mengurangi hal-hal yang membuat nilai bagi konsumen menurun,
seperti terlihat pada gambar 3.
Efek Pareto (Pareto Effect) merupakan fenomena yang biasa dipakai sebagai dasar pemikiran bahwa sebagian kecil pelanggan memberikan porsi yang besar bagi total penjualan (transaksi). Konsep aturan 80/20 dari Efek Pareto artinya sekitar 20% dari pelanggan berkontribusi pada kira-kira 80% penjualan. Untuk pemasaran, Supriyanto&Ernawaty (2010) menyarankan menggunakan formula 90/10, artinya 10% pelanggan yang sangat puas memberikan kontribusi terbesar (90%) terjadinya loyalitas dibanding mereka yang puas dan memberikan kontribusi hanya 50% menjadi loyal.
Literatur:
Supriyanto &
Ernawaty. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandi.
(2000). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Penerbit
Andi.
2015-12-31 xiaozhengm
BalasHapusnike blazer
ralph lauren pas cher
coach outlet
true religion
michael kors
coach outlet
coach factory outlet
jordan pas cher
ugg sale
air jordans
mont blanc pens
christian louboutin outlet
cheap uggs boots
nike air max
louis vuitton
adidas originals
michael kors outlet
cheap jordans
louis vuitton
jordan 8
michael kors outlet online
michael kors outlet
ghd straighteners
jordan 8s
nike air max
juicy couture
adidas superstars
nike air max shoes
jordan 3 infrared
tommy hilfiger outlet
michael kors uk
ugg boots
ugg outlet
toms outlet
longchamp bags
michael kors uk
nike shoes
soccer jerseys
nike tn
moncler jackets
coach outlet
BalasHapusugg outlet
cheap oakleys
ray ban sunglasses
michael kors outlet clearance
the north face jackets
coach outlet
ugg slippers
jordan retro 3
louis vuitton
michael kors outlet
nike air force 1
hollister
longchamp bags
ray ban outlet
lebron 12
louis vuitton outlet
lebron james shoes 12
beats wireless headphones
louboutin pas cher
uggs on sale
louis vuitton handbags
michael kors outlet
gucci bags
canada goose outlet
michael kors outlet online
celine bags
louis vuitton outlet
nike roshe runs
lebron james shoes 13
ralph lauren polo outlet
abercrombie outlet
coach outlet
louis vuitton handbags
louis vuitton bags
air jordan retro
tods outlet
fake watches
2016322yuanyuan
cheap mlb jerseys
BalasHapusmichael kors factory store
polo shirts
tiffany outlet
herve leger dresses
michael kors handbags
michael kors outlet
longchamp handbags
michael kors uk
nike air max
cheap ray ban sunglasses
nike air max 90
michael kors outlet
links of london
soccer jerseys
nike huarache
michael kors outlet online
louis vuitton outlet
camisetas futbol baratas
ray ban sunglasses
michael kors wholesale
michael kors outlet
air jordan shoes for sale
beats by dre
louboutin pas cher
michael kors wallet
michael kors handbags sale
juicy couture tracksuit
swarovski outlet
michael kors outlet store
ralph lauren shirts
louis vuitton handbags outlet
hermes outlet
prada sneakers
coach outlet
20160329caihuali
birkin bag
BalasHapusjordan shoes
golden goose outlet
retro jordans
yeezy 700
balenciaga shoes
adidsas yeezy
balenciaga
balenciaga
chrome hearts outlet